Kegagalan fungsi organ pernafasan

Malang tak dapat ditolak, untung tak bisa diraih. Begitulah nasib sejumlah balita yang kini mengidap berbagai penyakit yang secara medis tergolong sulit dan membutuhakn biaya besar untuk penyembuhannya. Di Semarang, Jawa Tengah, ada Bilqis Anindia Passa, bayi 17 bulan yang menderita penyakit kelainan hati.

Bukan hanya Bilqis, penyakit yang sama juga diidap Ismail Daud. Putra dari pasangan Risno Daud dan Sartin Hasan ini hanya bisa terbaring lemah di pelukan ibunya di RSUD Bone Bolangi, Gorontalo. Di usia sembilan bulan, ia belum bisa duduk sempurna layaknya bayi lain seusianya.

Demikian pula dengan Abdi Muhamad Rizki di Makassar, Sulawesi Selatan. Balita malang dari Bontoala ini perutnya terus membesar, kulit dan matanya juga menguning. Bedanya dengan Bilqis, keduanya belum mendapat perawatan semestinya karena ketiadaan biaya [baca: Makin Banyak Penyakit Mirip “Bilqis” Ditemukan].

Kisah keluarga miskin tidak berhenti sampai di situ. Masih ada Zellika, balita berusia dua tahun yang terpaksa dirawat di rumah karena ketiadaan biaya. Dokter di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo memvonisnya mengalami gangguan jantung, paru-paru, dan ginjal. Hingga kini, ibunya yang cacat masih berutang biaya perawatan Rp 20 juta kepada rumah sakit. Beruntung, para tetangga masih peduli padanya [baca: Dua Balita yang Menderita].

Tidak sedikit memang balita yang memiliki penyakit tergolong berat. Bahkan, dokter Chalik Masulili, Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Pembiayaan Kesehatan, mengakui banyaknya kasus sejenis yang mesti disembuhkan dengan biaya besar. “Mestinya semua itu bisa terkover dalam sistem jaminan yang ada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s