KOIN “Kisah kasih cinta manusia”

KOIN KEMANUSIAAN
ANTARA PRITA, BILQIS DAN BINTANG

Ancaman denda Rp820 juta pasti jumlah yang besar buat Prita Mulyasari atas keluh kesahnya di e-mail yang dianggap mencemarkan nama baik RS Omni Internasional. Prita pun sempat tak berdaya hingga ia masuk penjara di Tangerang. Namun, bila mengibaratkan kasus itu bak pertarungan David melawan Goliath, kali ini David mendapat senjata lewat kumpulan koin dari orang-orang yang sadar bahwa mereka suatu saat bisa berada dalam posisi David tersebut. Lewat facebook, twitter, dukungan kemudian mengalir hingga menembus angka Rp1 miliar.

Koin juga telah berhasil memberikan harapan yang lebih baik buat bayi Bilqis Anindya Passa. Si mungil ini terlahir dengan saluran empedu yang tidak berkembang normal (atresia bilier) sehingga membuat tubuhnya kuning. Bilqis bisa sembuh dengan operasi transplantasi hati yang membutuhkan dana Rp1 miliar.

Terinspirasi Prita, Dewi Farida, ibunda Bilqis, mencoba mengetuk hati sesama untuk menggalang Koin Cinta untuk Bilqis. Dan dari keping-keping koin Anda itulah si mungil Bilqis pun tetap menyimpan harapan untuk sembuh.

Komunitas mengumpulkan koin untuk perubahan pun digagas oleh blogger Nia Sudjarwo dan Hanny Kusumawati lewat Coin a Chance. Caranya dengan mengajak siapa saja menyisihkan koin pengembalian ke wadah-wadah yang diletakkan di tempat umum, seperti kafe atau rumah makan. Uang receh yang bisa jadi hanya bikin dompet jadi terasa berat, bisa berguna untuk biaya sekolah bagi anak-anak tak mampu.

Komunitas ini juga mengadakan hari-hari khusus untuk mengedrop dan menghitung koin. Bintang Gempur Anarki adalah anak yang terbantu sekolahnya lewat koin Anda.

Source : Yoseptin Pratiwi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s